Jumlah Pesangon Pensiun PNS/ASN Menurut PMK No. 50/PMK.010/2012

Tahun 2014 Penerimaan CPNS Akan Dibuka Lagi. Pada Tes CPNS 2014 Sistem LJK Akan Dihilangkan, Semua Instansi Wajib Pakai Sistem CAT (Computer Assisted Test). Sebaiknya Anda Pelajari Materi Tes CAT TKD CPNS Dari Sekarang , Pelajari CAT TKD CPNS, Klik Disini.

Jumlah Pesangon Pensiun PNS/ASN Menurut PMK No. 50/PMK.010/2012 diatur tentang Dana Pensiun yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti yang membayarkan manfaat pensiunnya dengan menggunakan rumus bulanan maupun rumus sekaligus.
Akhir-akhir ini sempat terkabar isu yang tidak bisa diyakini kebenarannya tentang Jumlah Pesangon Pensiun PNS/ASN yang mencapai jumlah miliaran rupiah. Isu yang berkembang dari sumber awal yang tidak jelas menyatakan bahwa PNS yang pensiun terhitung 1 Januari 2013 tidak mendapat uang pensiun tetapi akan mendapat uang pesangon pensiun PNS yang dikatagorikan tiga kelompok :
  1. Golongan II masa kerja 20 tahun keatas akan mendapat uang tolak sebesar Rp 0,5 milyar.
  2. Golongan III masa kerja 20 tahun akan mendapat uang tolak sebesar Rp. 1 milyar dan
  3. Golongan IV masa kerja 20 tahun akan mendapat uang tolak sebesar Rp. 1,5 milyar.
Jika ditelusuri, dalam RUU ASN khusus mengenai pensiun diatur dalam paragraf 14 pasal 88 sampai dengan 90. Pasal 89 mengatur mengenai batas usia pensiun 58 tahun bagi Jabatan Administrasi, 60 (enam puluh) tahun bagi Jabatan Eksekutif Senior (JES) dan bagi Jabatan Fungsional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Bagaimana dengan pembiayaan pensiun? Pasal 90 menyebutkan bahwa :
  1. Sumber pembiayaan pensiun berasal dari iuran PNS yang bersangkutan dan pemerintah selaku pemberi kerja dengan perbandingan 1 : 2 (satu banding dua).
  2. Pengelolaan dana pensiun diselenggarakan oleh pihak ketiga berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai pensiun PNS diatur dengan Peraturan Pemerintah.
Jadi tidak ada aturan yang menyatakan jumlah pesangon pensiun PNS/ASN mencapai miliaran rupiah.
Pada poin 3 diatas yang menyatakan Ketentuan lebih lanjut mengenai pensiun PNS diatur dengan Peraturan Pemerintah. Pada tanggal 3 April 2012, Bpk Agus D.W. Martowardojo selaku Menteri Keuangan RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.010/2012 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 343/KMK.017/1998 tentang Iuran dan Manfaat Pensiun.Menurut PMK No. 50/PMK.010/2012 dijelaskan beberapa poin tentang aturan pembayaran dan Jumlah Pesangon Pensiun PNS/ASN yang bisa dibayar sekaligus. Dalam PMK No. 50/2012 ini, diatur tentang Dana Pensiun yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti yang membayarkan manfaat pensiunnya dengan menggunakan rumus bulanan maupun rumus sekaligus.
Contoh perhitungan berapa Jumlah Pesangon Pensiun PNS/ASN Menurut PMK No. 50/PMK.010/2012 dengan menggunakan rumus bulanan maupun rumus sekaligus dapat dibaca disini.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Karena seperti tahun 2013 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS dengan metode yang tepat, Anda bisa menggunakan Paket Latihan Soal CPNS 2014:
  • Isi produk: Software + Materi Presentasi + ebook
  • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawabannya
  • Prediksi Soal CPNS yang sering muncul
  • Praktek Nyata Simulasi Ujian CPNS (Mirip Mengerjakan Ujian Sistem CAT)
  • Dapat digunakan tanpa internet / offline
  • Dapat digunakan pada Laptop, iPad dan Android
  • Berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya dan ditambah Ratusan Bonus Gratis materi pendukung belajar Soal CPNS.
  • Untuk mendapatkan Software ini Selengkapnya Baca Disini >>>
Tagged with: , ,
Posted in Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • indar sutejo

    walau tidak tebilang nominal milyaran dalam pemberian gaji secara sekaligus itu (pesangon)….Kami sekeluaga tetap mengharapkan adanya pesangon tersebut.
    Agar kami sekeluarga secepatnya keluar dari kemiskinan ini.

    • http://www.facebook.com/thomas.moreno.3158 Thomas Moreno

      setuju

  • primadi wicaksana

    pmk 50 merupakan peraturan dana pensiun bagi lembaga dana pensiun swasta, bukan ditujukan untuk pns, sebagaimana diamanatkan oleh undang2 induknya, UU 11/1992…lagipula di undang-undang dan pmk tersebut, disbutkan karyawan, dan tidak ada penyebutan PNS, mohon cermat membaca peraturan, dan jangan termakan oleh isu2 yang tidak jelas sumbernya

Pilih Instansi dan Kategori

Terima Info CPNS Terbaru Via Email

Masukkan Email Disini:

Silahkan di Like